Kunci Jawaban Soal TVRI SD Kelas 1,2,3,4,5,6 (20,21,22,23,24 April 2020)

Posted on

Mendikbud.id –  Berikut Kami Berikan Rangkuman kunci jawaban TVRI SD lengkap tanggal 20,21,22,23,23 April 2020, Program belajar dirumah ini adalah program kemdikbud yang bekerja sama dengan TVRI untuk membantu adik adik dirumah belajar, Kunci Jawaban SD Kelas 1,2,3,4,5,6 ini adalah rangkuman dari berbagai tema dan soal dalam acara di TVRI, silahkan di simak dibawah ini :

Soal di TVRI kelas 1 2 3 dan Kunci Jawaban Senin 20 April 2020
Di akhir segmen 1: Pada hari Senin 20 april 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 1 2 dan 3 materi kue bolu
Pertanyaan : Jelaskan Hal yang kurang baik yang dilakukan Chandra pada cerita ini?
Jawaban : Hal kurang baik yang dilakukan Chandra dalam cerita adalah Chandra tidak langsung pulang ketika diminta ibunya membeli telur untuk membuat bolu.Dan Akibat dari kelalaiann Chandra adalah ada telur yang pecah dan mama Chandra marah.
Di akhir segmen 2: Pada hari Senin 20 april 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 1 2 dan 3
Pertanyaan : Apa yang dilakukan chandra untuk memperbaiki kesalahannya?
Jawaban : Chandra harus minta maaf kepada ibunya dan lain waktu harus pulang tepat waktu
Di akhir segmen 3: Pada hari Senin 20 april 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 1 2 dan 3
Pertanyaan : Menurutmu apa saja manfaat membaca?
Jawaban :  mengetahui dan memahami lebih banyak informasi, mudah saling koreksi jika ada jawaban salah, dan lebih percaya diri.
Soal di TVRI kelas 4 5 6 dan Kunci Jawaban Senin 20 April 2020
Pertanyaan : Tuliskan benda-benda di rumahmu yang memiliki sudut siku-siku, sudut lancip , sudut tumpul
Jawaban : Jawaban Sudut siku-siku : kursi

Jawaban Sudut tumpul : laptop yng ditekuk

Jawaban Sudut lancip : pensil

Pertanyaan : Menghitung besar sudut pukul 04.00 dan pukul 04.30
Jawaban : Besar sudut empat kali dari penyikunya, berapa sudut pelurus dari sudut tersebut

Jawab : 90×4 = 360 Derajat

Pertanyaan :Perhatikan Gambar berikut,

gambar soal TVRI senin 20 April 2020

Benda tersebut memiliki garis sejajar dan garis berpotongan. Carilah benda di sekitarmu yang memiliki garis sejajar dan garis berpotongan
Jawaban :Jemuran pakaian
Soal di TVRI kelas 1 2 3 dan Kunci Jawaban Selasa 21 April 2020
Di akhir segmen 1: Pada hari selasa 21 april 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 1 2 dan 3 Matematika
Pertanyaan : Ukurlah panjang meja di rumahmu. Pertama, ukur menggunakan penggaris. Kemudian, ukur menggunakan jengkal tangan. Bandingkan kedua hasil pengukuran tersebut

!

Jawaban : panjang meja menggunakan penggaris.150 cm

menggunakan jengkal 10 jengngkal.

Di akhir segmen 2: Pada hari selasa 21 april 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 2 dan 3 Matematika
Pertanyaan : Panjang tongkat A adalah 80 cm. Panjang tongkat B adalah 65 cm. Tongkat mana yang lebih panjang?

Berapa kelebihan panjangnya?

Jawaban : Tongkat A

Kelebihan panjangnya = 80 – 65 = 15 cm

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Karena tongkat A 15 cm lebih panjang daripada tongkat B

Di akhir segmen 3: Pada hari selasa 21 april 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 3 akan belajar materi tentang Matematika
Pertanyaan : Ibu ingin menyusun beberapa meja di dinding sepanjang 9 meter. Jika panjang masing-masing meja 2 meter, berapa meja yang bisa disusun sepanjang dinding?
Jawaban : 4 meja

Penjelasan dengan langkah-langkah:

9 meter : 2 meter

=4,5

Soal di TVRI kelas 4 5 6 dan Kunci Jawaban Selasa 21 April 2020
Pada hari selasa 21 april 2020 pukul 10.03 sampai 10.30 adik-adik kelas 4 5 dan 6 .
Soal : Apa pengaruh rantai makanan terhadap tatanan susunan mahkluk hidup dalam suatu ekosistem?
Jawaban : Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan tertentu. Jadi, rantai makanan merupakan peristiwa transfer energi dari satu makhluk ke makhluk yang lain dengan urutan tertentu.
Pembahasan

Apa pengaruh rantai makanan terhadap tatanan susunan makhluk hidup dalam suatu ekosistem?

Pengaruh rantai makanan terhadap tatanan susunan makhluk hidup dalam suatu ekosistem adalah rantai makanan tidak dapat terpisahkan dengan suatu ekosistem karena adanya hubungan timbal balik antara rantai makanan dengan ekosistem.

Ekosistem adalah kesatuan komunitas dan lingkungannya yang membentuk suatu hubungan timbal balik di antara komponen komponennya. Rantai makanan yang terdiri dari produsen, konsumen 1, konsumen 2, dan pengurai merupakan suatu ekosistem.

Rantai makanan yang merupakan peristiwa transfer energi sangat memengaruhi dalam kehidupan ekosistem dan memiliki hubungan ttimbal balik dalam kehidupan.

Soal : Apa perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan?
Jawaban : Jaring-jaring makanan merupakan kumpulan dari rantai makanan.

Pada jaring-jaring makanan mempunyai beberapa jenis organisme yang dapat dipilih menjadi makanannya. Adapun rantai makanan, organisme yang menjadi konsumen hanya memiliki satu pilihan makanan saja.

Organisme pada jaring-jaring makanan lebih banyak, tetapi pada rantai makanan lebih sedikit.

Soal : Bagaimana hubungan interaksi antara mahkluk hidup yang mendiami habitat dalam suatu ekosistem? Tuliskan contoh-contohnya!

Jawaban : yaitu hubungan timbal balik yang merupakan suatu kesatuan yang utuh

contohnya: rumput dimakan oleh belalang

Jawaban Panjang versi ke 2:

Ada hubungan antara makhluk hidup dan lingkungan, baik lingkungan yang berupa makhluk hidup atau dengan benda tak hidup.

Hubungan itu akan membentuk timbal balik yang kompleks. Makhluk hidup dengan lingkungannya yang saling berhubungan di alam, biasa di sebut dengan ekosistem, dan di alam terdapat bermacam-macam ekosistem.

Contohnya yakni padi selain membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis sebagai penghasil sumber makanannya, juga membutuhkan udara sekitar untuk bernapas serta membutuhkan air dan tanah agar dapat tumbuh.

Soal di TVRI kelas 1 2 3 dan Kunci Jawaban Rabu 22 April 2020
Di akhir segmen 1: Pada hari Rabu 22 april 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 1 2 dan 3

Soal : Bagaimana teman yang baik menurutmu?

Jawaban : saling membantu, tidak menjelek – jelekan, saling menghormati dan berbagi

Di akhir segmen 2: Pada hari Rabu 22 april 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 1 2 dan 3
Soal : Bagaimana pendapatmu tentang sikap Wayan terhadap Nisa?

Jawaban : Karana Nisa itu sangat penting untuk muridmu di dunia ini yang turun di kelas ekonomis untuk muridmu di sini Aman di Indonesia dan jangan lupa untuk yg pulang ke rumah

Di akhir segmen 3: Pada hari Rabu 22 april 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 1 2 dan 3
Soal : Menurutmu, bagaimana cara membuat puisi?

Buatlah sebuah puisi tentang keindahan alam Indonesia!

Jawaban : dengan cara berhayal yang menjadikan kata kata, atau dengan cara melihat yang menjadikan kata kata

puisi

Indonesia ku…

Damai lantunan nada terdengar

Ragam budaya

Ragam bahasa

Ragam musik dan tari

Indonesia nan elok memikat kalbu sang maha kuasa

Hijaunya padang rumput

Birunya lautan

Menakdirkan kisah tanpa batas

Ragam budaya..

Menampilkan keanekaragaman suku yang ada

Ragam musik..

Memberikan ciri khas pada setiap daerah

Indonesia ku….

Terima kasih, kami ucapkan pada bumi pertiwi

Yang telah mengisi penuh indahnya Nusantara

Soal di TVRI kelas 4 5 6 dan Kunci Jawaban Rabu 22 April 2020

Pada hari Rabu 22 april 2020 pukul 10.03 sampai 10.30 adik-adik kelas 4 5 dan 6
Soal : Bagaimana cara membudidayakan tanaman buah pala?
Jawaban : Cara membudidayakan tanaman buah pala adalah dengan cara generatif (biji) dan juga dengan vegetatif. Pala merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak dihasilkan di Maluku dan Banda.

Pembahasan

Pertanyaan ini dari tayangan TVRI pada 22 April 2020 tentang sejarah dan budaya Maluku.

Pada segmen 1, video membahas mengenai tanaman pala. Tanaman pala merupakan tanaman asli Indonesia yang berasal dari gugusan Pulau Maluku. Ada 6 varietas unggul pala yang menyebar di seluruh Indonesia. Tanaman pala yang dikembangkan di Maluku sejak zaman penjajahan Belanda dan menjadi komoditas utama yang Maluku.

Cara generatif yan diambil dari biji pohon yang memiliki kualitas yang baik.

Sedangkan vegetatif dengan cara stek dan cangkok dari tanaman yang berkualitas.

Soal Soya-Soya merupakan salah satu tarian yang berasal dari daerah Maluku Utara. Apa yang harus

kamu lakukan untuk melestarikan budaya nasional seperti tari Soya- Soya?

Jawaban : Soya-Soya merupakan salah satu tarian yang berasal dari daerah Maluku Utara. Yang harus saya lakukan untuk melestarikan budaya nasional seperti tari Soya-Soya adalah mengerti sejarah tarian, berasal dari mana, dan memahami makna tarian tersebut.
Soal ;Apa nasihat yang terdapat dalam lagu “Rasa Sayange”? Nyanyikan lagu “Rasa Sayange” di depan ayah bundamu!
Jawaban Nasihat yang terdapat dalam lagu “Rasa Sayange” adalah hubungan sosial antarmanusia dan rasa sayang terhadap lingkungan. Nasihat pada lagu “Rasa Sayange” terdapat pada bait-bait lagu yang berbentuk pantun yang bersahut-sahutan.

Soal di TVRI kelas 1 2 3 dan Kunci Jawaban Kamis 23 April 2020

Di akhir segmen 2: Pada hari Kamis 23 april 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 1 2 dan 3
Soal : Petani mengisi 2 keranjang dengan buah mangga. Jika masing-masing keranjang diisi dengan 20 buah mangga, berapa jumlah seluruh mangga di keranjang?
Jawaban : 40 buah

Penjelasan dengan langkah-langkah:

karena terdiri dari 2 keranjang masing2 ada 20 buah maka 20*2

Di akhir segmen 3: Pada hari Kamis 22 april 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 1 2 dan 3

Soal  : Ibu membagikan 8 kue donat untuk 4 orang anaknya sama banyak. Berapa jumlah donat yang didapat oleh setiap anak?

Jawaban : 2

Penjelasan

ibu memiliki 8 donat

ibu memiliki 4 anak

8:4= 2 jadi jawabannya 2

Soal Ayah membawa 2 kotak. Masing-masing berisi 15 kelereng. Kelereng tersebut diberikan kepada tiga anaknya sama banyak. Berapa kelereng yang didapat oleh setiap anak?

Jawaban 10

penjelasan

1 kotak = 15 kelereng

ayah membawa 2 kotak berarti 15 + 15 = 30

ayah memiliki 3 anak

30 : 3 = 10

jadi jawabannya masing masing mendapatkan 10 kelereng

Soal di TVRI kelas 4 5 6 dan Kunci Jawaban Kamis 23 April 2020

Pada hari Kamis 23 april 2020 pukul 10.03 sampai 10.30 adik-adik kelas 4 5 dan 6

Soal : Tuliskan nilai-nilai moral yang terkandung dalam permainan perahu Jong!

Jawaban : 1. kerjasama

2. melatih sportifitas

3. melatih kemampuan anak

4. menggali kreativitas

5. bersosialisasi lewat permainan yg dimainkan

Soal : Tuliskan proses pembuatan perahu Jong!

Jawaban : Butuh bahan yang tepat

Penjelasan:

Yang pertama kita membutuhkan papan dan cairan perekat setelah itu kita bentuk sketsa perahu ketika sudah jadi tambahkan lem perekat

Soal Menurutmu, bagaimana cara terbaik untuk melestarikan budaya permainan tradisional perahu Jong?

Jawaban : Dengan menjaga dan mengenalkan permainan tradisional tersebut kepada generasi muda sekarang dan masa yang akan datang

Soal di TVRI kelas 1 2 3 dan Kunci Jawaban Jumat 24 April 2020

Di akhir segmen 1: Pada hari jumat 24 april 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 1 2 dan 3 akan belajar materi tentang menabung

Pertanyaan : Apa manfaat menabung?

Jawaban : Belajar Hemat
  • Mencegah Berhutang
  • Belajar Sabar
  • Belajar Membangun Karakter

Di akhir segmen 2: Pada hari jumat 24 april 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 1 2 dan 3 akan belajar materi Menabung

Soal : Bagaimana caranya supaya kamu bisa menabung?
Jawaban : menyisihkan uang jajan sebagian
Di akhir segmen 3: Pada hari jumat 24 april 2020 pukul 08.30 sampai 09.00 adik-adik kelas 1 2 dan 3 akan belajar materi tentang menabung
Soal : Kalau uang tabunganmu sudah terkumpul, apa yang akan kamu lakukan
Jawaban : membeli barang barang bermanfaat untuk kebutuhan belajar
Soal di TVRI kelas 4 5 6 dan Kunci Jawaban Jumat 24 April 2020

Pada hari jumat 24 april 2020 pukul 10.03 sampai 10.30 adik-adik kelas 4 5 dan 6 akan mempelajari materi Gemar Matematika Bersama Pak Ridwan.

Soal Pak Ridwan dapat menyelesaikan 15 pekerjaan dalam waktu 2 hari. Berapa banyak pekerjaan yang dapat ia selesaikan dalam waktu 4 hari?

Jawaban : diketahui

15 pekerjaan dalam waktu 2 hari

Untuk menjawab soal ini dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep perbandingan

2 hari = 15 pekerjaan

4 hari = x pekerjaan

x = (15 . 4)/2

x = 60/2

x = 30

Soal : Sebuah miniatur bangunan memiliki tinggi 20 cm. Tinggi sebenarnya bangunan tersebut adalah 200 m. Tentukan skala perbandingan antara tinggi miniatur dan tinggi bangunan sebenarnya!

Jawaban : Jawaban:

1 : 1000

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Tinggi miniatur = 20cm

Tinggi sebenarnya = 200m = 20000cm

Skala= tinggi miniatur

tinggi sebenarnya

= 20

20 000

= 1

1000

= 1 : 1000

Soal : Pak Tano harus menyelesaikan pemasangan keramik di sebuah rumah dengan luas lantai 20 m2 .

Jawaban : dik = pekerjaan dikerjakan sendirian = 5 hari

dit = lama pekerjaan selesai oleh 2 orang = ?

jawab =

pekerjaan yg dilakukan oleh 2 orang akan selesai lebih cepat daripada dikerjakan sendirian

1 orang → 5 hari

2 orang → 2,5 hari

Demikian kunci jawaban TVRI SD Kelas 1,2,3,4,5,6 (20,21,22,23,23 April 2020 ) , Semoga ada manfaatnya untuk teman-teman semua,.,.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *